Setiap pebisnis pasti menginginkan agar usahanya berkembang dengan baik dan diterima di masyarakat. Syukur-syukur bisnis tersebut bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama sehingga pengusaha tak perlu lagi bingung memutar otak untuk membuat bisnis baru lagi sebagai penggantinya. Salah satu kunci kesuksesan sebuah bisnis adalah faktor kepuasan konsumen. Jika konsumen merasa puas dengan produk atau jasa yang Anda buat, maka keuntungan pun akan lebih berkembang dengan baik sekaligus keuntungan yang datang akan semakin besar. Untuk itu, para pengusaha wajib melakukan riset pasar terlebih dahulu. Bagaimana melakukan riset pasar untuk produk Anda? Ada berbagai macam cara yang dapat digunakan meski semua butuh perjuangan dan tidak mudah.
Riset pasar berarti adalah sebuah gambaran mengenai kondisi dari pasar terkait dengan produk atau jasa yang Anda miliki dan dinilai mampu memberikan keuntungan bagi pengusaha sekaligus memberikan manfaat bagi konsumen yang menjadi target pasar. Dengan melakukan riset pasar, maka secara tidak langsung perusahaan akan mengetahui apakah produk yang telah dibuat berhasil memenuhi harapan sekaligus kebutuhan dari para konsumen.
Menurut William Bill dari perusahaan Design Group LLC di Houston, Amerika Serikat, beliau mengatakan jika tidak memiliki riset pasar atau gagal menjalankan riset diibaratkan seperti menyetir mobil dari Texas menuju New York tanpa adanya rambu lalu lintas ataupun peta sebagai penunjuk jalan. Bisa diartikan jika riset pasar adalah navigasi Anda selama menjalankan bisnis tersebut. Bahkan beliau menambahkan jika riset pasar itu adalah bagian yang paling vital atau penting sebelum sebuah bisnis benar-benar dibangun. Setidaknya ada berbagai macam cara untuk melakukan riset pasar dengan baik dan benar sebagai berikut:
Semoga jawaban atas pertanyaan mengenai bagaimana melakukan riset pasar untuk produk Anda dapat memberikan inspirasi sekaligus menjadi pembelajaran terbaik untuk Anda yang ingin memulai sebuah usaha agar terhindar dari resiko kegagalan.
Riset pasar berarti adalah sebuah gambaran mengenai kondisi dari pasar terkait dengan produk atau jasa yang Anda miliki dan dinilai mampu memberikan keuntungan bagi pengusaha sekaligus memberikan manfaat bagi konsumen yang menjadi target pasar. Dengan melakukan riset pasar, maka secara tidak langsung perusahaan akan mengetahui apakah produk yang telah dibuat berhasil memenuhi harapan sekaligus kebutuhan dari para konsumen.
Menurut William Bill dari perusahaan Design Group LLC di Houston, Amerika Serikat, beliau mengatakan jika tidak memiliki riset pasar atau gagal menjalankan riset diibaratkan seperti menyetir mobil dari Texas menuju New York tanpa adanya rambu lalu lintas ataupun peta sebagai penunjuk jalan. Bisa diartikan jika riset pasar adalah navigasi Anda selama menjalankan bisnis tersebut. Bahkan beliau menambahkan jika riset pasar itu adalah bagian yang paling vital atau penting sebelum sebuah bisnis benar-benar dibangun. Setidaknya ada berbagai macam cara untuk melakukan riset pasar dengan baik dan benar sebagai berikut:
- Melakukan survey pasar
- Mengamati perkembangan pasar
- Melakukan uji coba terlebih dahulu terhadap pasar
Semoga jawaban atas pertanyaan mengenai bagaimana melakukan riset pasar untuk produk Anda dapat memberikan inspirasi sekaligus menjadi pembelajaran terbaik untuk Anda yang ingin memulai sebuah usaha agar terhindar dari resiko kegagalan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar